logo-blog

Tracing Gambar di InkScape

Ilustrasi: gustipemudabestari.blogspot.com
Ilustrasi: gustipemudabestari.blogspot.com

 

 

 

 

 

 

 

Di dunia tarik suara, eh, dunia desain grafis maksudnya😛 , tracing bukanlah lagi barang aneh. Hampir semua desainer menampilkan icon atau gravatarnya dengan men-trace foto asli mereka dan mengubahnya menjadi format vector. Bukan pengen ngubah penampilan jadi lebih menarik, walaupun sedikit pengen juga.. hehe, tapi lebih ingin menampilkan bahwa dunia desain grafis sangatlah luas. Salah satunya ya tracing ini.

Melakukan tracing sama seperti menjiplak foto. Foto yang tadinya gambar bitmap (yang dibentuk dari pixelization) diubah menjadi gambar vector (yang dibentuk dari titik dan garis, kadang ada yang bilang graphic vector). Perubahan ini memiliki satu nilai positif tersendiri, yaitu kualitas gambar sangatlah besar (mau di zoom berapa kalipun juga boleh). Sehingga jika ada kepentingan printing yang besar, gambar vector bisa dijadikan solusinya.

Untuk melakukan tracing, user bisa menggunakan aplikasi-aplikasi graphic vector yang berbasis windows ataupun open sources. Di Windows kita memiliki beberapa pilihan seperti Adobe Illustrator, Adobe Flash, Adobe Photoshop, dan CorelDraw. DI Open Sources kita bisa menggunakan GIMP dan InkScape. Yang akan kita gunakan pada tutorial kali ini adalah InkScape. Langsung aja ya gan, cekidot ke TKP!

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1) Buka aplikasi InkScape pada Ubuntu. Klik Application > Graphics > InkScape Vector Graphics Editor. Kalau belum install terlebih dulu di Ubuntu Software Centre, dan masukkan keyword InkScape.

2) Kalau jendela InkScape sudah terbuka, maka akan tampil layar kerja default (ukuran kertas A4).

Screenshot from 2014-10-20 10:39:33

 

 

 

 

 

 

3) Tidak usah berlama-lama, segera masukkan gambar yang akan di trace. Klik File > Import > (Pilih gambar) > Open > Embed > OK.

4) Aktifkan gambar dengan cara meng-klik gambar tersebut, sampai ada tanda panah ditiap sudut gambar.

Screenshot from 2014-10-20 10:41:19

 

 

 

 

 

 

5) Untuk tracing. Klik menu Path > Trace Bitmap. Akan tampil pop-up Trace Bitmap. Atau untuk shortcut bisa langsung menekan Shift + Alt + B setelah mengaktifkan gambar.

6) Disana akan tampil dua pilihan. Single Scan: Create path dan Multiple Scans : Create Group of paths.

Screenshot from 2014-10-20 10:49:50

 

 

 

 

 

 

7) Oke stop dulu. Kita perjelas kedua makhluk ini. Single Scan adalah menu untuk mengubah gambar menjadi satu bentuk (path), menghasilkan gambar siluet. Multiple Scan adalah menu untuk mengubah gambar menjadi beberapa bentuk (path), menhasilkan beberapa bentuk, sehingga terlihat nyata seperti gambar asal. Oke?! Kita lanjut lagi.

8) Kita pilih Multiple Scan agar hasil tracing menjadi realistis. Pilih Colors > Update. Lihat hasil gambar yang di-trace pada bagian preview.

9) Jika kurang baik tampilannya (hasil masih hampir sama dengan gambar asal), turunkan nilai Scan dikisaran 2 hingga 12.

10) Tekan tombol Update kembali, dan lihat hasilnya.

11) Tekan tombol OK dan tutup pop-up.

12) Tarik gambar hasil tracing, karena gambar aslinya ada di bawah hasil trace.

Screenshot from 2014-10-20 10:52:09

 

 

 

 

 

 

13) Gunakan Tools Edit Path untuk mengetahui bahwa gambar hasil trace adalah beberapa tumpukan path. Silahkan dikreasikan warna yang disukai.

Gambar trace berhasil dibuat, selamat mencoba!

One thought on “Tracing Gambar di InkScape

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s