design

Instructional Designer : Kompetensi dan Peluang

Instructional designer, perancang pembelajaran dalam Bahasa Indonesia, memiliki tugas untuk menolong individu, kelompok, atau organisasi dalam meningkatkan potensinya dalam mempercepat proses belajar melalui rekayasa sumber belajar. Peran ini adalah salah satu tupoksi penting bagi seorang guru dalam menjalankan status profesionalitas mereka.

Sistem pendidikan Indonesia belum mengakui / membutuhkan peran intructional designer terpisah secara independen, karena sudah ada guru yang perannya dimulai dari perancang hingga evaluator pembelajaran. Tanpa berpikir ulang, guru harus menguasai seluruh teknik dalam setiap perannya sebagai teknolog pembelajaran.

Sekilas berbicara tentang dunia industri. Research and development menjadi ruh yang menggerakkan roda industri dan sumber daya manusia menjadi elemen penting didalam sistemnya. Research and development dalam suatu industri ditukangi oleh para ahli yang benar-benar mengerti bidang industri tersebut dan memiliki kemampuan sebagai inovator dan pengeksekusi yang cermat dalam melihat peluang.

design

Pergerakan seorang ahli didalam proses research and development dimulai dari proses analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Ketika proses dimulai dari tahap analisis, sang ahli sudah memiliki gambaran mengenai konsep dan tindakan yang akan dilakukan pada tahap-tahap berikutnya. Walaupun, pada kenyataannya, sang ahli (inovator) tersebut tidak menguasai seluruh kemampuan yang bersifat tekhnis.

Dalam dunia industri, kemampuan tekhnis tersebut diserahkan kepada sumber daya manusia lainnya, yang memiliki kemampuan tekhnis yang lebih spesifik. Peran sang ahli disini lebih condong kepada seorang project manager dari sebuah gagasan dan pelaksanaan. Dalam implementasi sebuah ide, sang ahli inilah yang akan menjaga proses R&D sesuai dengan hasil analisisnya. Sehingga tujuan dari inovasi tersebut dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Pemisahan peran tersebut dilakukan agar proses dari inovasi tersebut dapat langsung direalisasikan dan tercapai dalam waktu yang cepat. Tidak salah jika inovasi di dunia industri sudah jauh didepan, melampaui inovasi dari hasil pendidikan. Tentunya tidak lama lagi, jika kondisi ini dibiarkan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berpusat pada dunia industri, bukan dari perguruan tinggi.

Analogi di atas merupakan realitas yang benar-benar terjadi jika kita membandingkan inovasi yang ada antara dunia industri dan dunia pendidikan.

Reorganisasi fungsi dari seorang guru sebagai teknolog pembelajaran sebaiknya lekas untuk dilaksanakan. Guru, sebagai fungsinya sebagai seorang pendidik, yang bersentuhan langsung dengan peserta didik harus ditopang dengan sumber daya manusia yang berperan sebagai seorang ‘ahli’ dalam dunia industri. Guru memang sebagai seorang inovator, dan untuk mewujudkan inovasi tersebut, mereka harus ditopang dengan ahli yang mengerti bagaimana mewujudkan inovasi-inovasi tersebut.

Instructional Designer adalah peran vital yang saat ini sangat terasa dibutuhkan, tapi dalam sistem pendidikan kita belum terlalu dikenal. Keberadaan seorang perancang pembelajaran sangat dibutuhkan di lingkungan (organisasi) yang menyelenggarakan pendidikan, baik secara formal maupun non formal. Kompetensi yang dimiliki oleh dan sudah seharunya dimiliki oleh seorang instructional designer bisa penulis kutip dari IBSTPI tahun 2000, sebagai berikut:

Professional Foundations

  • Communicate effectively in visual, oral and written form. (Essential)
  • Apply current research and theory to the practice of instructional design. (Advanced)
  • Update and improve one’s knowledge, skills and attitudes pertaining to instructional design and related fields. (Essential)
  • Apply fundamental research skills to instructional design projects. (Advanced)
  • Identify and resolve ethical and legal implications of design in the work place. (Advanced)

Planning and Analysis

  • Conduct a needs assessment. (Essential)
  • Design a curriculum or program. (Essential)
  • Select and use a variety of techniques for determining instructional content. (Essential)
  • Identify and describe target population characteristics. (Essential)
  • Analyze the characteristics of the environment. (Essential)
  • Analyze the characteristics of existing and emerging technologies and their use in an instructional environment. (Essential)
  • Reflect upon the elements of a situation before finalizing design solutions and strategies. (Essential)

Design and Development

  • Select, modify, or create a design and development model appropriate for a given project. (Advanced)
  • Select and use a variety of techniques to define and sequence the instructional content and strategies. (Essential)
  • Select or modify existing instructional materials. (Essential)
  • Develop instructional materials. (Essential)
  • Design instruction that reflects an understanding of the diversity of learners and groups of learners. (Essential)
  • Evaluate and assess instruction and its impact. (Essential)

Professional Foundations

  • Communicate effectively in visual, oral and written form. (Essential)
  • Apply current research and theory to the practice of instructional design. (Advanced)
  • Update and improve one’s knowledge, skills and attitudes pertaining to instructional design and related fields. (Essential)
  • Apply fundamental research skills to instructional design projects. (Advanced)
  • Identify and resolve ethical and legal implications of design in the work place. (Advanced)

Planning and Analysis

  • Conduct a needs assessment. (Essential)
  • Design a curriculum or program. (Essential)
  • Select and use a variety of techniques for determining instructional content. (Essential)
  • Identify and describe target population characteristics. (Essential)
  • Analyze the characteristics of the environment. (Essential)
  • Analyze the characteristics of existing and emerging technologies and their use in an instructional environment. (Essential)
  • Reflect upon the elements of a situation before finalizing design solutions and strategies. (Essential)

Design and Development

  • Select, modify, or create a design and development model appropriate for a given project. (Advanced)
  • Select and use a variety of techniques to define and sequence the instructional content and strategies. (Essential)
  • Select or modify existing instructional materials. (Essential)
  • Develop instructional materials. (Essential)
  • Design instruction that reflects an understanding of the diversity of learners and groups of learners. (Essential)
  • Evaluate and assess instruction and its impact. (Essential)

Implementation and Management

  • Plan and manage instructional design projects. (Advanced)
  • Promote collaboration, partnerships and relationships among the participants in a design project. (Advanced)
  • Apply business skills to managing instructional design. (Advanced)
  • Design instructional management systems. (Advanced)
  • Provide for the effective implementation of instructional products and programs. (Essential)

Sebagai seorang Instructional Designer, kompetensi-kompetensi di atas harus bisa dikuasai dan diimplementasikan dalam proses research and development dalam pembelajaran, khususnya pada bidang pendidikan. Sangat diharapkan, posisi sebagai Instructional Designer di negara ini bisa segera terfasilitasi, sehingga inovasi-inovasi yang hadir dari bidang pendidikan memiliki daya saing dan berjalan beriringan bersama inovasi dunia industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s