Pendapat Tokoh tentang Karakter

To educate a person in mind and not in morals is to educate a menace to society” (Mendidik seseorang dalam aspek kecerdasan otak dan bukan aspek moral adalah ancaman mara-bahaya kepada masyarakat)

-Theodore Roosevelt-

Kalau saya bilang karakter sangat penting untuk kualitas hidup seseorang, mungkin tidak ada satupun yang meragukannya, terlebih ketika banyak penelitian yang membuktikan bahwa EQ (Emotional Quotient) lebih berpengaruh terhadap keberhasilan daripada IQ (Intelligent Quotient). Einstein pernah mengungkapkan bahwa keberhasilannya hanya 1% dipengaruhi oleh kejeniusannya (IQ), sedangkan 99% dikarenakan oleh kerja kerasnya (EQ). Pernyataan ini sangat mendukung bahwa setiap orang mampu sukses seperti seorang Einstein, asalkan kita punya 99% kerja keras dalam hidup kita. Kerja keras tersebut adalah bagian dari karakter.

Dalam bukunya 7 Habits of highly effective people, Covey mengungkapkan

“Taburlah gagasan, petiklah perbuatan.

Taburlah perbuatan, petiklah kebiasaan.

Taburlah kebiasaan, petiklah karakter.

Taburlah karakter, petiklah hasil.”

Betapa pentingnya karakter sehingga setiap hasil yang didapatkan bukanlah merupakan hadiah pemberian, tapi sebenarnya akumulasi dari karakter yang kita pelihara. Sebagai penguat, Om Einstein menambahkan lagi “Bukan kejeniusan yang membentuk seseorang menjadi ilmuwan,tetapi karakterlah!”.

character ain’t a gift”, karakter bukanlah pemberian, hal yang satu ini adalah DIBANGUN. Gimana cara bangunkannya??? Banjur aja pakai air!hehe..bukan bukan. Kalau kamu sepakat dengan saya mengenai karakter adalah kebiasaan (berpikir dan bertindak) yang kita lakukan dalam segala hal, maka langkah dasar untuk membangunkannya adalah dengan mengenali diri sendiri (self recognition) dan menerima diri sendiri (self acceptance). Kenapa hal ini jadi penting? Apa karena yang nulis ingin terkenal?hehe. Hal ini penting karena karakter hanya bisa dibentuk jika kita telah mengenali keperibadian (personality) kita.

Sedikit menyinggung tentang kepribadian, dua paragraf berikut dengan jelas dapat membedakannya:

Kepribadian adalah hadiah dari Tuhan Sang Pencipta saat manusia dilahirkan dan setiap orang yang memiliki kepribadian pasti ada kelemahannya dan kelebihannya di aspek kehidupan sosial dan masing-masing pribadi. Kepribadian manusia secara umum ada 4, yaitu : KolerisSanguinisPhlegmatisMelankolis.

Nah, Karakternya dimana? Saat setiap manusia belajar untuk mengatasi dan memperbaiki kelemahannya, serta memunculkan kebiasaan positif yang baru, inilah yang disebut dengan Karakter. Misalnya, seorang dengan kepribadian Sanguin yang sangat suka bercanda dan terkesan tidak serius, lalu sadar dan belajar sehingga mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus, itulah Karakter. (sumber: http://www.pendidikankarakter.com/kurikulum-pendidikan-karakter/. Diunduh:2 maret 2012).

Sekarang, bersahabatlah dengan diri kita masing-masing, jangan cuma bisanya klik tombol “add friend” di FB atau klik “follow” di twitter aja. Sekarang waktunya untuk menyelami diri kita sendiri, temukan kemampuan dan ketidakmampuan dalam diri kita. Setelah kita sadar akan kedua hal itu, maksimalkan kemampuan (potensi) kita untuk membuat gagasan yang baik, berbuat yang baik, membiasakan yang baik, dan memiliki karakter yang baik.

Ketika ada hal yang lemah yang kita temukan saat mengenali diri kita, biarkan itu hanya menjadi bagian dari diri kita, tidak usah kita pusingkan. Fokuslah dengan apa yang kita mampu untuk kembangkan, tentunya menjadi sesuatu yang sangat positif dan berguna. Ingat! Berkarakter adalah bersikap dalam kegiatan berpikir dan bertindak, munculkanlah gagasan positif dalam diri kita, lalu wujudkan gagasan tersebut dalam tindakan yang positif. Tidak usah gagasan yang besar, memulai dari hal yang sederhana dan kecil adalah langkah awal untuk pembentukan karakter kita.

Salam dan doa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s